UPI Bandung (Program Pasca Sarjana Management)
Visi
Pusat keunggulan Pendidikan Magister
di Indonesia dalam pengembangan ilmu dan Keahlian Manajemen Bisnis yang mampu
merespon perubahan lingkungan dan persaingan melalui pendekatan pendidikan
serta menyiapkan lulusan menjadi inovator dan pemimpin dibidangnya serta
mendapatkan  pengakuan internasional.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Magister Manajemen Bisnis yang berorientasi riset selaras dengan perkembangan praktek dan disiplin bisnis
- Melakukan riset dan kajian bisnis untuk pengembangan kemampuan profesional dalam bidang bisnis
- Membangun kerjasama dan networking dengan institusi dalam dan luar negeri, dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan magister manajemen bisnis
- Menyelenggarakan pelatihan, penataran dan pelayanan konsultasi/inkubasi bisnis bagi masyarakat.
KONSENTRASI
- Manajemen sumber Daya Manusia
- Manajemen Keuangan
- Manajemen Pemasaran
- Manajemen Perpajakan
KURIKULUM
Struktur
kurikulum untuk setiap paket pilihan atau konsentrasi terdiri dari mata kuliah
landasan keahlian (MKLK) 10 SKS, Mata Kulilah Keahlian Utama Wajib (MKKU Wajib)
15 SKS, Mata Kuliah Keahlian  Utama Pilihan (MKKU Pilihan) 15 SKS, dan
Tesis 8 SKS.
http://sps.upi.edu/program-studi-2/magister-manajemen-bisnis/
Fasilitas
Sarana/fasilitas penunjang kegiatan
akademik yang tersedia di SPs UPI adalah gedung baru enam lantai dengan
fasilitas lift, terdiri atas ruang kantor administrasi, ruang perkuliahan/ujian
yang nyaman dilengkapi dengan OHP dan LCD, auditorium, ruang dosen/bimbingan,
ruang rapat/diskusi, ruang multimedia, internet access, ruang teleconference,
laboratorium komputer, laboratorium olahraga, laboratorium konseling, kantin,
dan copy center. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh para mahasiswa, dosen
dan pegawai. Berdasarkan prinsip pemanfaatan bersama (resource sharing),
untuk kegiatan praktikum, mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia
di fakultas-fakultas di lingkungan UPI.
Dalam rangka memaksimalkan
pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang proses pembelajaran, para
mahasiswa dilatih dan didorong untuk mampu mengakses internet dan menggunakan
fasilitas e-mail atau forum untuk berkonsultasi dengan dosen, di mana pun
mereka berada.
Sejumlah dosen telah mulai
memberikan tugas-tugas perkuliahan dengan mengacu kepada alamat-alamat terpilih
di websites dan memberikan konsultasi penulisan tesis dan disertasi
serta penyerahan tugas perkuliahan melalui e-mail. Para mahasiswa juga bisa
mendapatkan informasi atau menggunakan kontak form dari website http://sps.upi.edu.
http://sps.upi.edu/tentang-sps/fasilitas/
WAKTU, BEBAN, DAN BIAYA STUDI
Program Magister
(S2)
Masa
studi pada dasarnya direncanakan 4 semester (2 tahun), terdiri atas perkuliahan
3 semester dan penulisan tesis 1 semester, dengan beban studi keseluruhan 50
SKS termasuk penulisan tesis.
Biaya
studi bagi Program Magister (S2) adalah sbb. :
SEMESTER
|
REGULER
|
NON-REGULER
|
Ganjil
(Smt.
I)
|
Rp.
5.412.500,-
|
Rp.
7.712.500,-
|
Genap
|
Rp.
4.500.000,-
|
Rp.
6.800.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 9.912.500,-
|
Rp. 14.512.500,-
|
Biaya Pendaftaran:
Biaya pendaftaran dan seleksi masuk,
disetorkan melalui BNI Cabang UPI pada rekening UPI PT BHMN No. 22510347,
dengan rincian sebagai berikut:
NO.
|
URAIAN
|
MAGISTER (S2)
|
DOKTOR (S3)
|
1
|
Biaya
Pendaftaran
|
Rp. 250.000,-
|
Rp. 250.000,-
|
2
|
Biaya
Tes Seleksi Masuk
|
Rp. 350.000,-
|
Rp. 400.000,-
|
JUMLAH
|
Rp. 600.000,-
|
Rp. 650.000,-
|
PERSYARATAN
Untuk dapat diterima sebagai
mahasiswa Program Magister (S2) dan Doktor (S3), calon harus memenuhi
persyaratan
sebagai berikut.
sebagai berikut.
- Berijazah Sarjana (S1) Negeri atau PTS yang terakreditasi dengan Indeks Prestasi ≥ 2.75 untuk Program Magister (S2); dan Berijazah Magister/Master (S2) Negeri atau PTS terakreditasi dengan Indeks Prestasi ≥ 3,00 untuk Program Doktor (S3). Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus dilegalisasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.
- Mengisi Formulir pendaftaran dengan dilampiri :
- Fotokopi Ijazah dan Transkrip Pendidikan terakhir. (untuk S3 fotokopi
ijazah dan transkrip S1 dan S2)
- Rekomendasi akademik dari dua dosen pembimbing.
- Pernyataan Penugasan / Izin atasan tempat kerja (bagi yang sudah bekerja)
- Rencana penelitian yang akan dilakukan (hanya untuk S3).
- Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) buah.
- Tanda bukti pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi masuk.
TAMBAHAN
KELENGKAPAN BAGI PEMOHON BEASISWA BPPS
- Fotokopi SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir
- SK atau Rekomendasi dari Kopertis tentang Status Dosen Tetap Yayasan
- Fotokopi NIP/Karpeg/NIDN
- SK Angka Kredit/Jabatan Akademik dosen yang dicapai dari Pimpinan Perguruan Tinggi asal/Kopertis
PROSEDUR PENDAFTARAN
- Menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui BNI Cabang UPI pada rekening UPI PT BHMN No. 22510347.
- Formulir pendaftaran dapat diperoleh di SPs UPI setelah menyetorkan biaya pendaftaran atau dapat di unduh melalui website http://sps.upi.edu
- Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dan dilampiri dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan jenjang pendidikan yang akan diikuti.
- Pendaftaran ditujukan kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia melalui Ketua Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan alamat:
Sekolah Pascasarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154
Telepon: 022-2001197; Fax.: 022-2005090
e-mail : pascasarjana@upi.edu
website : http://sps.upi.edu
PELAKSANAAN TES SELEKSI MASUK
- Materi tes terdiri atas: Tes Potensi Akademik (120 menit), serta Tes Bahasa Inggris (90 menit).
- Wawancara : S2 Khusus Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab; S3 semua Program Studi.
- Pada pelaksanaan tes peserta membawa pensil 2B dan penghapusnya.
- Tes seleksi dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 Mei 2013 di Gedung SPs UPI.
- Apabila di suatu tempat, pendaftar mencapai jumlah tertentu (misalnya 15 orang peserta atau jumlah yang disepakati), SPs UPI bersedia datang untuk melaksanakan tes di tempat tersebut berdasarkan permohonan. Biaya perjalanan, akomodasi pelaksana tes, dan penyelenggaraan ditanggung oleh peserta tes atau pemohon.
KEGIATAN PRA PERKULIAHAN
Kegiatan Pra Perkuliahan wajib
diikuti oleh semua mahasiswa baru S2 dan S3. Tujuan kegiatan ini adalah
memberikan landasan dan bekal awal kepada para mahasiswa baru untuk menempuh
perkuliahan dan mengerjakan tugas-tugas akademik pada program studi yang
menjadi pilihannya dan/atau tempat yang bersangkutan diterima di program S2 dan
S3. Materi yang diberikan antara lain: Prinsip-prinsip dasar program studi, dan
ketentuan kelembagaan.
SKOR TOEFL
Untuk mengikuti pendidikan setiap
mahasiswa harus memiliki kemahiran berbahasa Inggris atau bahasa Internasional
lainnya, yang dibuktikan dengan skor hasil tes bahasa Inggris sebagai berikut.
Jenjang Pendidikan
|
Skor Minimal Yang Harus Dicapai
|
||
Tes Seleksi UPI
|
TOEFL
|
IELTS
|
|
Magister (S2)
|
40
|
450*
|
4.5
|
Doktor (S3)
|
45
|
475*
|
5.0
|
Prodi Pend. Inggris
|
50
|
550*
|
6
|
FASILITAS
Gedung baru enam lantai dengan
fasilitas lift, terdiri atas ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan
multimedia proyektor dan OHP, auditorium, ruang dosen/bimbingan, ruang
rapat/diskusi, ruang multimedia, internet access, ruang teleconference,
laboratorium komputer, laboratorium olahraga, laboratorium konseling, dan
kantin.
BEASISWA
Tersedia Beasiswa Pendidikan
Pascasarjana (BPPS) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bagi dosen di lingkungan
Kemdikbud yang berstatus PNS atau dosen tetap yayasan yang bukan PNS di jenjang
Pendidikan Dasar dan Menengah dan memenuhi syarat. Bagi pemohon beasiswa BPPS,
mengisi formulir permohonan BPPS dan melampirkan:
1. Surat Penetapan Angka Kredit yang
dikeluarkan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud.
2. SK Kepangkatan terakhir atau SK
pengangkatan sebagai dosen tetap
Yayasan.
3. Surat permohonan dari pimpinan PT
ybs. kepada Direktur SPs untuk diajukan
sebagai mahasiswa Penerima BPPS.
4. Surat pernyataan penugasan (tersedia
dalam formulir pendaftaran).
5. Mendaftarkan diri secara online
melalui laman :
http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/
PIMPINAN SPs UPI
Direktur
Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed
Asisten Direktur I
Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A
Asisten Direktur II
Prof. Dr. Agus Rahayu M.P.
Download Formulir :
http://sps.upi.edu/2012/02/informasi-pendaftaran-sekolah-pascasarjana-upi-semester-genap-tahun-akademik-20102011/
Lokasi
SPS UPI menempati gedung berlantai
tiga di kampus UPI, bersebelahan dengan gedung baru FPOK, FP-MIPA, FIP dan
Perpustakaan Pusat. Dan pada akhir bulan September 2007, sebagian perkuliahan
sudah menggunakan fasilitas gedung baru yang terletak di depan BAAK, samping
poliklinik UPI, gedung Balai Pertemuan Upi dan masjid Al-Furqan.
http://sps.upi.edu/tentang-sps/lokasi/
0 komentar:
Posting Komentar